Pengertian Listrik 1 Phase dan 3 Phase

Must Read

Cara Perawatan Solar Panel

Cara Perawatan Solar Panel - Pastikan anda selalu melakukan perawatan secara rutin untuk solar panel atau panel surya, untuk...

Stabilizer atau Automatic Voltage Regulator

Stabilizer atau automatic voltage regulator memiliki fungsi untuk menjaga voltase listrik agar stabil atau normal. Tegangan yang stabil sangat...

Troubleshooting PLC s7-1200 pada kontrol panel Kapal

Pada kesempatan kali ini PT Rajalistrik Indonesia mendapatkan kesempatan untuk melakukan Troubleshooting di salah satu perusahaan pelayaran/perkapalan di Jakarta. Permasalahan...

Sering kali kita mendengar tentang listrik 1 phase dan 3 phase disetiap mata pelajaran teknik kelistrik maupun disetiap mata pelajaran kuliah di jurusan teknik.

Baiklah di artikel kali ini kita akan menjelaskan pengertian dari listrik 1 phase dan 3 phase.

Gambar 1.1 Single Phase Curve

Listrik 1 Phase adalah jaringan listrik yang hanya menggunakan 2 kawat penghantar yang kesatu sebagai kawat phase (L) dan yang kedua sebagai kawat neutral (N).  Umumnya listrik 1 phase bertegangan 220-240 volt yang digunakan banyak orang.

Biasanya listrik 1 phase digunakan untuk listrik perumahan, namun listrik PLN di jalanan itu memiliki 3 phase, tetapi yang masuk ke rumah kita hanya 1 phase karena kita tidak memerlukan daya besar dan untuk peralatan dirumah kita hanya menggunakan listik 1 phase dengan 220-240 volt.

Misalnya yang ke rumah kita adalah Phase R, tetangga kita mungkin Phase S, dan tetangga yang lain Phase T.

Gambar 1.2 Three Phase Curve

Listrik 3 Phase adalah jaringan listrik yang menggunakan tiga kawat Phase (R,S,T) dan satu kawat neutral (N) atau sering dibilang kawat ground. Menurut istilah Listrik 3 Phase terdiri dari 3 kabel bertegangan listrik dan 1 kabel neutral. Umumnya listrik 3 Phase bertegangan 380 volt yang banyak digunakan Industri atau pabrik.

Listrik 3 fasa adalah listrik AC (Alternating Current) yang menggunakan 3 kawat penghantar yang mempunyai tegangan pada masing-masing Phasenya sama, tetapi berbeda dalam sudut curvenya sebesar 120 derajat (lihat gambar 3.3).

Ada 2 macam tegangan listrik yang dikenal dalam sistem 3 phase ini, yaitu :

  • Tegangan antar phase (Vpp : voltage phase to phase atau ada juga yang menggunakan istilah Voltage line to line).
  • Tegangan phase ke neutral (Vpn : Voltage phase to neutral atau Voltage line to neutral).

Menggunakan listrik 3 phase sebenarnya memiliki keuntungan. Keuntungan Listrik 3 phase yaitu :

  • Menyediakan daya listrik yang besar ( biasanya pada industri menengah dan besar ). Industri atau hotel memerlukan daya listrik yang besar sehingga memerlukan jaringan yang banyak. Tapi pada output terakhir untuk pemakaian hanya memerlukan satu phase ( memilih salah satu dari 3 phase yang ada ). Listrik 3 phase biasanya diperlukan untuk menggerakkan motor industri yang memerlukan daya besar.
  • Karena menggunakan tegangan yang lebih tinggi maka arus yang akan mengalir akan lebih rendah untuk daya yang sama. Sehingga untuk daya yang besar, kabel yang digunakan bisa lebih kecil.

Source : engineeringmasakini

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Cara Perawatan Solar Panel

Cara Perawatan Solar Panel - Pastikan anda selalu melakukan perawatan secara rutin untuk solar panel atau panel surya, untuk...
- Advertisement -

More Articles Like This

- Advertisement -