Mengenal Peralatan Instalasi Listrik Rumah Tinggal

Anda pasti sudah mengenak peralatan listrik yang terpasang di rumah anda seperti sakelar, stopkontak, steker, sekring, dan lainnya. Nah, di bahasan artikel kali ini akan mengenal fungsi dan jenis peralatan listrik tersebut secara umum. Pengenalan peralatan instalasi listrik rumah tinggal ini akan dimulai dengan Bargainser.

Bargainser Analog (Pascabayar)

bargaainser

Bargaainser Analog

Bargainser merupakan alat yang berfungsi sebagai pembatas daya listrik yang masuk ke rumah tinggal, sekaligus juga berfungsi sebagai pengukur jumlah daya listrik yang digunakan rumah tinggal tersebut (dalam satuan kWh). Ada berbagai batasan daya yang dikeluarkan oleh PLN untuk konsumsi rumah tinggal, yaitu 220VA, 450 VA, 900 VA, 1300 VA, dan 2200 VA.

Pada bargainser terdapat tiga bagaian utama, yaitu:

MCB atau Miniature Circuit Breaker

MCB atau Miniature Circuit Breaker

MCB atau Miniature Circuit Breaker

MCB atau Miniature Circuit Breaker, berfungsi untuk memutuskan aliran daya listrik secara otomatis jika daya yang dihantarkan melebihi nilai batasannya. MCB ini bersifat on/off dan dapat juga berfungsi sebagai sakelar utama dalam rumah. Jika MCB bargainser ini dalam kondisi off, makan seluruh aliran dalam rumahpun terhenti.

KWH Meter

KWH Meter

KWH Meter

Meter Listrik atau kWh meter, berfungsi untuk mengukur besaran daya yang dignakan oleh rumah tinggal tersebut dalam satuan kWh (Kilowatt hour). Pada bargainser, meter listrik berwujud deretan angka secara analog ataupun digital yang akan berubah sesuai penggunaan daya listrik.

Untuk penggunaan Bargainser Digital (Prabayar)/Listrik Token, akan dibahas di artikel selanjut-nya