Jenis – Jenis Kabel Listrik

By Januari 7, 2019Informasi, Listrik
jenis-kabel-listrik

Jenis Kabel Listrik | Saat ini listrik merupakan satu hal tidak bisa manusia – manusia modern tinggalkan. Semua kegiatan manusia tidak bisa lepas dari listrik. listrik merupakan sumber daya utama untuk kebutuhan – kebutuhan yang bisa dibilang sudah menjadi kebutuhan primer. Lampu tak akan bisa berguna tuk menemani malam kita yang gelap. Alat – alat elektronik rumah tangga tak akan pernah bisa membantu kita meringankan pekerjaan rumahan jika tak ada energi listrik yang mengaliri rumah kita.

Baca juga : Apa itu listrik?

Disinilah peran kabel listrik yang sangat penting. Dimana listrik sebagai daya utama itu dialiri dari pusat pembangkit ke rumah – rumah dan digunakan sehari – hari. Nah ternyata kabel listrik mempunyai beragam jenis dan peruntukkan yang berbeda – beda. Walaupun jenis kabel sangat beragam, namun pada dasarnya kabel hanya memiliki dua bagian utama yaitu Konduktor dan Isolator.

Setiap jenis kabel listrik mempunyai kemampuan dan spesifikasi yang berbeda – beda dalam menghantarkan arus listrik. Konduktor memegang peran utama sebagai penghantar atau media langsung energi listrik. Sedangkan isolator berperan sebagai protector dan menghindari terjadinya tersengat arus listrik (tidak dapat menghantarkan arus listrik).

Bagian konduktor secara umum berbahan dasar logam seperti tembaga atau alumunium. Sedangkan isolator biasanya terbuat dari karet, plastik, atau campuran dari keduanya.’

Baca juga : Jenis – jenis listrik

Jenis Kabel Listrik

Kabel NYA

Salah satu jenis kabel listrik tunggal yang paling banyak digunakan pada instalasi listrik rumah adalah kabel NYA.
Kabel ini kebanyakan memiliki ukuran diameter 1,5 mm hingga 2,5 mm dan dilindungi oleh bagian isolator dengan bahan PVC. warna pada bagian luar kabel (isolator) adalah sebuah kode untuk menunjukan bahan yang digunakan pada kabel tersebut. Beberapa warna yang digunakan ; hitam, merah, biru dan kuning.

Jenis kabel ini memiliki kelemahan yaitu mudah tergores, mudah digigit tikus, dan pengaruh cuaca. ini dikarnakan lapisan isolator yang hanya memiliki satu lapisan. pada umumnya kabel ini dipasang jauh dari jangkauan hewan & manusia. atau dipasang pada saluran tertutup seperti pipa agar usia kabel lebih tahan lama.

Kabel NYM

Perbedaan kabel NYM dan NYA hanya terletak pada jumlah inti kabel. Dimana kabel NYA memiliki inti tunggal sedangkan NYM memiliki inti kabel lebih dari satu, biasanya berjumlah 2,3 hingga 4. masing Рmasing inti kabel dilindungi dengan isolator. bagian terluar untuk membungkus inti Рinti kabel menggunakan isolasi PVC. dan diperuntukan untuk instalasi listrik bangunan yang memiliki banyak ruangan atau gedung Рgedung  tinggi.

Overall, kabel NYM memiliki kualitas yang lebih baik dibanding  kabel NYA. kabel ini pun dapat ditempatkan pada kondisi kering ataupun basah, namun tidak untuk didalam tanah. oleh karna itu harganya pun lebih mahal dibanding kabel NYA.

Kabel NYY

Salah satu yang paling membedakan kabel NYY dengan NYM adalah penggunaannya. kabel NYY yang memang untuk dipasang didalam tanah. Bahkan untuk berbagai kondisi seperti untuk ruangan terbuka, kering & lembab. namun sebagai antisipasi dan pengamananan lebih. kabel ini biasanya dilindungi lagi dengan pipa PVC atau pipa besi. Inti kabel ini juga berjumlah hampir sama dengan kabel NYM, 2 hingga 4 inti kabel.

Kualitas isolator pada kabel NYY lebih kaku dan lebih kuat dibanding kabel NYM. serta dilengkapi anti gigitan tikus pada umumnya.

Kabel NYAF

Kabel NYAF sangat berbeda secara fisik dibanding kabel jenis lain. karna inti kabel jenis ini berbentuk serabut dan sangat fleksibel, sangat cocok digunakan pada tempat / jalur yang banyak belokan dan tempat yang “semrawut”.

namun mempunyai kekurangan yang sangat menonjol yaitu mudah terkena korosi jika digunakan dalam waktu yang lama. Terutama kabel yang menggunakan tembaga campuran pada inti kabelnya. Itulah sebabnya jenis kabel ini tidak cocok pada tempat yang lembab / basah.

Kabel NYMHY/NYYHY

Kabel jenis ini umum digunakan untuk kepentingan listrik rumah tangga kelas kecil. Biasanya ditempatkan pada dinding atau atap rumah untuk kepentingan jalur listrik dari stop kontak/saklar, lampu, dll. memiliki beberapa inti kabel yang berbentuk serabut dan diisolasi dengan PVC. Banyak digunakan pada penggunaan listrik rumah 900 W kebawah. untuk penggunaan listrik 900 W keatas lebih disarankan menggunakan kabel jenis NYM yang ber-inti tunggal.

 

Untuk mendapatkan kabel dengan harga dan kualitas terbaik, silahkan kunjungi www.rajalistrik.com atau datang langsung ke toko kami di :

Ruko Golden Boulevard Blok C No. 18 BSD City, Tangerang – Indonesia 15322

Leave a Reply