Grounding Pada Peralatan Listrik

By April 12, 2018Informasi, Listrik
grounding

Grounding adalah suatu jalur langsung dari arus listrik menuju bumi. Atau koneksi fisik langsung ke bumi. Dipasangnya koneksi ground pada instalasi listrik adalah sebagai pencegahan terjadinya kontak antara makhluk hidup dengan tegangan listrik berbahaya yang terekspos akibat terjadi kegagalan isolasi.

Grounding pada peralatan listrik

Tidak semua orang tahu bahwa pada alat elekrotik rumahan ada sistem ground atau arde. Contohnya bisa ditemukan pada stop kontak, mesin cuci, kulkas, komputer dan lain – lain.

Ground berfungsi sebagai sistem pertahanan/pengaman jika ada suatu kebocoran listrik. Misalnya seperti saat kita tak sengaja bersenggolan dengan body kulkas tiba – tiba terasa badan kita tersetrum. Saat itulah kebocoran listrik terjadi yang diakibatkan tidak berfungsi atau tidak difungsikannya grounding.

Tidak semua peralatan elektronik menggunakan ground tergantung jumlah tegangan yang dihasilkan alat tersebut. Biasanya alat – alat listrik yang tidak menggunakan ground dikarnakan tegangan listrik yg dihasilkannya kecil, contohnya pada charger HP, kipas angin, dan DVD.

Bisa dilihat dari jumlah kabel pada stekernya. Alat yang menggunakan sistem ground menggunakan 3 kabel (kabel fasa, netral, dan ground). sedangkan jika steker hanya 2 kabel saja itulah alat listrik yang tidak menggunakan sistem ground.

Pada perakitan stop kontak/kabel rol orang awam biasanya menganggap ground ini tidak perlu/atau tidak penting. stop kontak yang menyediakan jalur untuk grounding biasanya hanya dipasang dengan 2 kabel saja dan itu adalah sebuah kesalahan.

Baca juga :Perang Arus (War of Currents) | Nikola Tesla VS Thomas A. Edison

Stop kontak tanpa ground sebaiknya digunakan untuk alat – alat yang berdaya listrik kecil saja. Gunakan stop kontak ini untuk keadaan darurat, apalagi menambahkannya lagi dengan Steker T, sangat berbahaya. Lebih baik lagi elektronik seperti AC dan kulkas punya jalurnya sendiri.

Kabel ground pada instalasi rumah secara umum terkoneksi di kWh meter PLN. Pada saat pemasangan kWh meter, petugas PLN yang melakukan pemasangan instalasi grounding dan juga menyambung kabel grounding di dalam kWh meter tersebut. Dalam hal ini petugas PLN akan memastikan grounding terpasang dengan benar. Karena kWh meter adalah milik PLN dan disegel.

Artike lain :
Pengertian IC (Intergrated Circuit)
Pengertian Listrik

Join the discussion One Comment

Leave a Reply