Apakah Bos Panel Listrik itu?

By Maret 19, 2020Informasi, Listrik

Apakah Panel Listrik itu ?

Box panel listrik adalah sebuah box yang terbuat dari beberapa bahan material mulai dari besi, almunium, dan besi, dengan berbagai ukuran sesuai dengan kebutuhan yang mana fungsi utamanya adalah pengaman dan kerapihan suatu instalasi listrik. dalam pemasangannya sendiri wajib dilakukan oleh seorang ahli kelistrikan, karena kerumitan dalam hal pemasangan atau instalasi UPS,  terlihat rumit dan tidak terlihat jalurnya bagi orang awam. Di butuhkan perencanaan yang matang dan ketelitian yang tinggi di harapkan box listrik menjadi sederhana dan mudah di mengerti bila sangat di butuhkan diperlukan denah sederhana sebagai penuntun.

Tools Apasajakah yang di pasangkan di pada box panel

  • MCB
  • MCCB
  • GFCI/RCCB/ELCB
  • GROUNDING
  • Kabel Warna dengan berbagai fungsi
  • CT
  • Surge Arrest

Bila sewaktu waktu ada penambahan instalasi listrik, seperti UPS dengan daya besar akan dengan mudah membuat jalur dari box panel yang telah ada. Kapasitas UPS yang besar atau lebih dari 6 KVA. Memerlukan suatu acara pengamanan yakni dengan cara membuat jalur bypass dengan memanfaatkan MCB atau MCCB. Apabila terdapat kerusakan UPS atau instalasi listrik yang lain mudah di benah/ di perbaiki dengan cara bypass ini dengan mudah mencopot UPS atau lainnya, sementara listrik masih jalan.

Bagaimanakah gambar bagian dalam BOX panel yang sudah terpasang?

Berikut dia atas adalah salah satu contoh bentuk dari box panel yang telah terpasang sempurna. Adapun untuk komponen komponen yang terpasang adalah

MCB

MCB ( miniature circuit board ) adalah switch pembatas arus akibat dari kenaikan daya / tegangan yang melebihi batas atau hubungan singkat Part ini biasanya terbatas pada arus nominal kecil sampai dengan kurang dari 100 ampere.

Bentuk ada yang 1 pole (satu input dan satu output), sampai dengan 4 pole. Jumlah pada pole tersebut tergantung dari kebutuhan dari jalur kabel yang gunakan.

MCCB

MCCB (moduled case circuit breaker) adalah pembatas arus apabila terdapat arus beban yang melebihi batas batasnya MCCB ini di gunakan hampir sama dengan dengan MCB tetapi dengan batas arus beban yang lebih besar dari 100 ampere dengan 1600.

GFCI/RCCB/ELCB

Ground foult circuit interuption adalah semacam circuit breaker yang bereaksi lebih cepat dari pada MCB. Alat ini akan memonitor listrik sewaktu waktu apabila terdapat short atau kabel terkelupas dan mengenai manusia tidak mengakibatkan kematian (pengaman). Peralatan ini biasanya banyak dipakai pada perumahan dan bahkan industy kecil sampai sedang. Batas arus yang melintasi manusia tidak boleh melebihi dari standar IEC.

GROUNDING

Grounding pada intalasi listrik berfungi sebagai pengaman listrik, Pengaman listrik akibat dari kabel kabel yang terkelupas dan mengenai body part peralatan listrik lainnya selanjutnya mengenai manusia. Dengan adanya grounding di aliran arus listrik yang liar manusia akan terhindar dari sengatan listrik berlebihan.

CT

CT adalah suatu peralatan listrik dari bahan baja / metal dalam bentuk lingkaran (ring) atau sedang persegi dan tengahnya berlubang Fungsi dari CT ini di manfaatkan sebagai indikator lampu atau indikator meteran

Surge Arrest

 

Surge Arrest adalah peralatan pengaman listrik dari kejutan listrik yang berlebihan. Contohnya apabila ada kejadian tiba tiba aliran listrik menjadi lebih tinggi akibat dari penambahan energi potensial. Penambahan energi ini kemungkinan sebagian besar di daerah industry, karena berhubungan dengan peralatan mesin yang besar otomatis membutuhkan energi yang besar pula, atau suplai dari PLN nya sendiri yang terkadang tidak stabil energi listriknya.

Untuk itu bangunan perumahan atau gedung gedung membutuhkan surge arrestor. Fungsi alat ini membuang energi yang berlebihan dengan komponen tertentu.